Hipoparatiroidisme

Definisi Hipoparatiroidisme

Hipoparatiroidisme adalah kondisi dimana tubuh tidak membuat cukup hormon paratiroid atau parathyroid hormone (PTH).

Hormon ini mengatur jumlah kalsium dan phosphorus dalam tulang-tulang dan darah tubuh anda. Tingkat-tingkat PTH yang berkurang menjurus pada tingkat-tingkat kalsium yang
rendah dan tingkat-tingkat phosphorus yang tinggi dalam darah. Ketidakseimbangan ini dapat menjurus pada persoalan-persoalan dengan tulang, otot-otot, kulit, dan ujung-ujung syaraf.
Penyebab Hipoparatiroidisme

Penyebab yang paling umum dari hipoparatiroidisme adalah luka pada kelenjar-kelenjar paratiroid, seperti selama operasi kepala dan leher. Kelenjar-kelenjar paratiroid adalah kelenjar-kelenjar endokrin yang kecil yang berlokasi di leher dibelakang kelenjar tiroid.

Pada kasus-kasus lain, hipoparatiroidisme hadir waktu kelahiran atau mungkin berhubungan dengan penyakit autoimun yang mempengaruhi kelenjar-kelenjar paratiroid bersama dengan kelenjar-kelenjar lain dalam tubuh, seperti kelenjar-kelenjar tiroid, ovari, atau adrenal.

Hipoparatiroidisme adalah sangat jarang. Ia adalah berbeda dari hiperparatiroidisme, kondisi yang jauh lebih umum dimana tubuh membuat terlalu banyak PTH.
Gejala-Gejala Hipoparatiroidisme

Gejala-gejala hipoparatiroidisme mungkin termasuk:

* Kesemutan di bibir-bibir, jari-jari tangan, dan jari-jari kaki
* Rambut yang kering, kuku-kuku yang rapuh, kulit yang kering dan kasar
* Kejang-kejang dan nyeri otot di muka, tangan-tangan, kaki-kaki
* Katarak-katarak di mata-mata
* Malformasi dari gigi-gigi, termasuk pelemahan enamel gigi dan akar-akar gigi yang terbentuk tidak serasi
* Kehilangan memori (daya ingat)
* Sakit kepala
* Kejang-kejang otot yang parah (juga disebut tetany) dan gangguan-gangguan hebat

Merawat Hipoparatiroidisme

Tujuan perawatan untuk hipoparatiroidisme adalah untuk memugar kembali kalsium dan phosphorus tubuh ke tingkat-tingkat normal. Suplemen-suplemen Calcium carbonate dan vitamin D adalah satu-satunya perawatan yang disetujui saat ini. Bagaimanapun, studi-studi NIH telah menunjukan obat PTH yang sedang diselidiki bekerja dengan baik sebagai terapi alternatif.

Jika hipoparatiroidisme didiagnosa dan dirawat dini, hasil-hasilnya adalah baik dan tubuh tumbuh secara normal.

Jika hipoparatiroidisme dibiarkan tidak terawat, komplikasi-komlikasi dapat termasuk saluran udara yang terhalangi yang disebabkan oleh kejang-kejang otot yang parah, pertumbuhan kerdil, gigi-gigi yang cacad, perkembangan katarak-katarak, dan endapan-endapan kalsium dalam otak.

Komentar