Athlete's Foot

Athlete's Foot



Definisi Athlete's Foot

Athlete's foot adalah suatu infeksi kulit yang sangat umum dari kaki yang disebabkan oleh jamur. Jamur yang umumnya menyebabkan athlete's foot disebut Trichophyton. Ketika kaki-kaki atau area-area lain dari tubuh menetap lembab, hangat, dan teriritasi, jamur ini dapat tumbuh dan menginfeksi lapisan paling atas dari kulit. Infeksi-infeksi jamur dapat terjadi dimana saja pada tubuh, termasuk kulit kepala, tubuh badan, anggota-anggota badan (lengan-lengan dan kaki-kaki), tangan-tangan, kaki-kaki, kuku-kuku, selangkangan, dan area-area lain.

Athlete's foot disebabkan oleh jamur ringworm ("tinea" dalam jargon kedokteran). Athlete's foot juga disebut tinea pedis. Jamur yang menyebabkan athlete's foot dapat ditemukan pada banyak lokasi-lokasi, termasuk lantai-lantai di gyms, kamar-kamar ganti baju (locker rooms), swimming pools, salon-salon kuku, dan di kaos-kaos kaki dan pakaian. Jamur juga dapat disebar secara langsung dari orang ke orang atau dengan sentuhan (kontak) dengan obyek-obyek ini.
Bagaimanapun, tanpa kondisi-kondisi pertumbuhan yang tepat (suatu lingkungan yang hangat dan lembab), jamur mungkin tidak secara mudah menginfeksi kulit. Sampai dengan 70% dari populasi mungkin mempunyai athlete's foot pada suatu ketika selama kehidupan mereka.

Gejala-Gejala Athlete's Foot

Gejala-gejala dari athlete's foot secara khas termasuk derajat-derajat yang beragam dari gatal dan rasa terbakar. Kulit mungkin seringkali terkupas, dan pada kasus-kasus yang terutama parah, mungkin ada beberapa keretakan, nyeri, dan begitu juga perdarahan. Beberapa orang-orang tidak mempunyai gejala-gejala sama sekali dan tidak mengetahui mereka mempunyai suatu infeksi.

Bentuk Athlete's Foot

Athlete's foot mungkin nampak seperti area-area kulit yang merah, terkupas dan kering pada satu atau kedua telapak kaki. Adakalanya serpihan-serpihan kering mungkin menyebar pada sisi-sisi dan atas dari kaki-kaki. Paling umum ruam terlokalisir pada hanya telapak-telapak kaki. Ruang antara jari-jari kaki yang keempat dan kelima juga mungkin mempunyai beberapa kelembaban, pengupasan, dan serpihan-serpihan kering.
Ada tiga tipe yang umum dari athlete's foot:
  1. telapak-telapak kaki, juga disebut tipe "moccasin"
  2. diantara jari-jari kaki, juga disebut tipe "interdigital"
  3. tipe peradangan atau pelepuhan (blistering)
Kasus-kasus yang tidak umum mungkin nampak seperti gelembung-gelembung (blisters) kaki yang kecil atau besar (disebut bullous tinea pedis), tambalan-tambalan yang tebal dari kulit yang merah dan kering, atau calluses dengan kemerahan. Adakalanya, ia mungkin nampak seperti hanya kulit yang kering ringan tanpa suatu kemerahan atau peradangan.
Athlete's foot mungkin hadir sebagai suatu ruam pada satu atau kedua kaki dan bahkan melibatkan tangan. Ini adalah suatu penunjukan yang sangat umum dari athlete's foot. Infeksi-infeksi jamur tangan disebut tinea manuum. Penyebab yang tepat dari mengapa infeksi umumnya hanya mempengaruhi satu tangan tidak diketahui.
Athlete's foot mungkin juga terlihat bersama dengan ringworm dari selangkangan (terutama pada pria-pria) atau tangan-tangan. Adalah bermanfaat untuk memeriksa kaki-kaki kapan saja ada suatu ruam jamur selangkangan yang disebut tinea cruris. Adalah penting untuk merawat semua area-area dari infeksi jamur sekaligus untuk menghindari infeksi kembali.




Apakah Athlete's Foot Menular ?

Athlete's foot mungkin menular dari orang ke orang, namun ia tidak selalu menular. Beberapa orang-orang mungkin lebih peka pada jamur yang menyebabkan athlete's foot dimana yang lain-lain adalah lebih resisten (tahan). Ada banyak rumahtangga-rumahtangga dimana dua orang (seringkali suami dan istri atau anak-anak) yang menggunakan tempat mandi yang sama untuk bertahun-tahun telah tidak menularkan jamur diantara mereka. Penyebab yang tepat dari kecenderungan atau kepekaan ini pada infeksi jamur tidak diketahui. Beberapa orang-orang tampaknya lebih cenderung pada infeksi-infeksi jamur kulit daripada yang lain-lain.

Apa Saja Penyebab Ruam-Ruam Kaki ?

Ada banyak kemungkinan penyebab-penyebab dari ruam-ruam kaki. Athlete's foot adalah satu dari penyebab-penyebab yang lebih umum. Penyebab-penyebab tambahan termasuk infeksi kulit (dermatitis) yang mengiritasi atau kontak (bersentuhan), ruam-ruam alergi dari sepatu-sepatu atau cream-cream lain, dyshidrotic eczema (ruam alergi kulit), psoriasis, keratodermia blenorrhagicum, infeksi-infeksi ragi, dan infeksi-infeksi bakteri.
Dokter anda dapat melakukan suatu tes sederhana yang disebut suatu KOH, atau potassium hydroxide untuk pemeriksaan mikroskopik jamur, di tempat praktek atau laboratorium untuk mengkonfirmasi kehadiran dari suatu infeksi jamur. Tes ini dilaksanakan dengan menggunakan serpihan-serpihan kecil dari kulit yang diuji dibawah mikroskop. Banyak ahli-ahli kulit (dermatologists) melaksanakan tes ini di tempat praktek mereka dengan hasil-hasil tersedia dalam waktu menit. Jarang, suatu potongan kecil dari kulit mungkin diangkat dan dikirim untuk biopsi untuk membantu mengkonfirmasi diagnosis.

Perawatan Athlete's Foot

Perawatan athlete's foot dapat dibagi kedalam dua bagian. Yang pertama, dan bagian yang paling penting, adalah membuat area yang terinfeksi lebih tidak cocok untuk jamur athlete's foot untuk tumbuh. Ini berarti mempertahankan area bersih dan kering.
Beli sepatu-sepatu yang adalah kulit atau materi-materi lain yang dapat bernapas. Materi-materi sepatu, seperti vinyl, yang tidak bernapas menyebabkan kaki-kaki anda tetap lembab, menyediakan suatu area yang sangat baik untuk jamur berkembang biak. Begitu juga, kaos-kaos kaki yang dapat menyerap seperti cotton yang menyerap air dari kaki-kaki anda mungkin membantu.
Bedak-bedak, terutama bedak-bedak yang berobat (seperti dengan miconazole atau tolnaftate), dapat membantu mempertahankan kaki-kaki anda kering. Akhirnya, kaki-kaki anda dapat direndam dalam suatu larutan yang kering dari aluminum acetate (larutan Burrow atau larutan Domeboro). Suatu obat bikinan rumah dari rendaman cuka putih yang diencerkan yang menggunakan satu bagian cuka dan kira-kira empat bagian air, sekali atau dua kali per hari sebagai rendaman-rendaman kaki selama 10 menit mungkin membantu dalam perawatan.
Bagian kedua dari perawatan adalah penggunaan dari cream-cream dan bilasan-bilasan anti jamur. Banyak obat-obat tersedia, termasuk spray-spray dan cream-cream miconazole, clotrimazole, terbinafine (Lamisil), dan shampoo dan cream ketoconazole, dan seterusnya. Tanyakan dokter anda atau apoteker untuk suatu rekomendasi. Perawatan untuk athlete's foot harus umumnya dilanjutkan untuk empat minggu, atau paling sedikit satu minggu setelah semua gejala-gejala kulit telah hilang.
Kasus-kasus yang lebih lanjut atau yang resisten dari athlete's foot mungkin memerlukan suatu perjalanan dari dua sampai tiga minggu dari suatu anti jamur oral (pil) seperti terbinafine, itraconazole (Sporanox), atau fluconazole (Diflucan). Tes-tes darah laboratorium untuk memastikan tidak ada penyakit hati mungkin diperlukan sebelum mengkonsumsi pil-pil ini.
Cream-cream kortikosteroid topikal (dipakai dibagian luar) dapat bekerja sebagai suatu penyubur untuk jamur dan mungkin sebenarnya memperburuk infeksi-infeksi jamur kulit. Obat-obat steroid topikal ini tidak mempunyai peran dalam merawat athlete's foot.
Jika infeksi jamur telah menyebar ke kuku-kuku jari kaki, kuku-kuku juga harus dirawat untuk menghindari infeksi kembali dari kaki-kaki. Seringkali, kuku-kuku pada awalnya diabaikan hanya untuk menemukan athlete's foot tetap kambuh. Adalah penting untuk merawat semua jamur-jamur yang terlihat pada saat yang bersamaan. Perawatan jamur kuku yang efektif mungkin adalah lebih intensif dan memerlukan perjalanan-perjalanan yang berkepanjangan (tiga sampai empat bulan) dari obat-obat anti jamur oral.

Kapan Saya Harus Mencari Perawatan Medis ?

Jika anda mencatat kemerahan apa saja, pembengkakan yang meningkat, perdarahan, atau jika infeksi anda tidak hilang, kunjungi dokter anda. Jika suatu infeksi bakteri juga terjadi, suatu pil antibiotik mungkin perlu. Jika anda mempunyai keterlibatan jamur kuku, adalah diabetik, atau mempunyai suatu sistim imun yang dikompromikan, anda harus juga segera mengunjungi dokter anda untuk perawatan.



Komplikasi-Komplikasi Yang Mungkin dari Athlete's Foot

Tidak dirawat, athlete's foot dapat secara potensial menyebar ke bagian-bagian tubuh lain atau orang-orang lain termasuk anggota-anggota keluarga. Jamur mungkin menyebar secara lokal ke kaki-kaki, kuku-kuku jari kaki, tangan-tangan, kuku-kuku jari tangan, dan pada dasarnya area tubuh mana saja.
Tipe jamur ini umumnya senang hidup di kulit, rambut, dan kuku-kuku. Ia tidak menyerang dalam, pergi ke organ-organ tubuh, atau pergi kedalam sistim darah.
Infeksi-infeksi jamur dari kuku-kuku disebut tinea unguium atau onychomycosis. Jamur kuku mungkin adalah sangat sulit untuk dirawat. Pil-pil anti jamur mungkin diperlukan pada kasus-kasus yang lebih lanjut dari infeksi-infeksi jamur kuku jari kaki.
Orang-orang dengan diabetes, HIV/AIDS, kanker, atau persoalan-persoalan imun lain mungkin adalah lebih mudah mendapat semua jenis dari infeksi-infeksi, termasuk jamur.
Ketika kulit dilukai oleh jamur, rintangan kulit alami yang melindungi patah. Bakteri-bakteri dan ragi-ragi dapat kemudian menyerang kulit yang pecah. Bacteri dapat menyebabkan suatu bau busuk. Infeksi bakteri dari kulit dan peradangan yang berakibat darinya dikenal sebagai cellulitis. Ini terutama lebih mungkin terjadi pada orang-orang tua, individu-individu dengan diabetes, pembengkakan kaki kronis, atau yang telah dikeluarkan vena-venanya (seperti untuk operasi bypass jantung). Infeksi-infeksi bakteri kulit juga terjadi lebih sering pada pasien-pasien dengan sistim-sistim imun yang terganggu.

Jenis Dokter Yang Merawat Athlete's Foot

Ahli-ahli kulit (Dermatologists) yang mengkhususkan diri pada perawatan dari kelainan-kelainan kulit, termasuk athlete's foot. Anda mungkin menemukan suatu daftar dari ahli-ahli kulit yang bersertifikat pada http://www.aad.org. Sebagai tambahan, dokter-dokter medis keluarga, dokter-dokter medis internal, dokter-dokter anak-anak, podiatrists (dokter-dokter kaki), dan dokter-dokter lain mungkin juga merawat infeksi umum ini.

Bagaimana Saya Mencegah Infeksi-Infeksi Masa Depan ?

Karena beberapa orang-orang adalah semata-mata lebih mudah terkena infeksi-infeksi jamur, mereka juga lebih mudah terkena infeksi yang berulangkali. Tindakan-tindakan pencegahan termasuk mempertahankan kaki-kaki anda bersih dan kering, menghindari lingkungan-lingkungan lembab yang berkepanjangan, mencopotkan sepatu-sepatu dan mengizinkan kulit kaki untuk bernapas, menghindari jalan bertelanjang kaki, terutama di area-area publik seperti swimming pools dan gyms, menghindari kontak dengan orang-orang yang diketahui terinfeksi, dan menghindari rendaman dan penggunaan alat yang terkontaminasi pada salon-salon kuku. Membasmi kuman sepatu-sepatu lama dan semprotkan secara periodik mingguan atau bulanan bedak anti jamur kaki (Pedi-Dry Foot Powder) kedalam sepatu-sepatu dapat juga bermanfaat.
Adalah keharusan untuk membawa alat-alat kuku anda sendiri, termasuk kikir kuku, ke salon kuku publik mana saja, kecuali anda tahu salon mempraktekan sterilisasi alat secara ketat dan atau menggunakan semua suplai-suplai yang sekali pakai dibuang.
Gunakan kaos kaki cotton kapan saja memungkinkan. HIndari jalan di airports dan area-area publik dengan kaki telanjang. Pastikan siapa saja dari anggota-anggota keluarga yang terpengaruh juga merawat athlete's foot mereka pada saat yang bersamaan untuk menghindari infeksi-infeksi silang.

Komentar