Penyakit Bisul dan Penanganannya

BISUL atau bisulan (jika terjadi dalam jumlah banyak) merupakan penyakit kulit yang sering dijumpai. Bisul dapat menyerang siapa saja, tidak memandang usia atau jenis kelamin.

Bisul atau bisulan adalah suatu peradangan kulit yang mengenai folikel rambut atau bagian akar rambut yang disebabkan oleh infeksi dari kuman staphylococcus aureus.


Umumnya, bisul muncul pada daerah-daerah yang banyak mengandung kelenjar keringat, seperti daerah wajah, punggung dan lipatan paha, serta daerah tubuh yang sering digaruk atau sering mengalami gesekan. Ada berbagai macam jenis bisul yakni sbb.;

Folikulitis yaitu peradangan yang hanya terjadi pada umbi akar rambut saja. Bila letaknya di permukaan disebut folikulitits superficials, sedangkan jika letaknya lebih ke dalam disebut folikulitis profunda. Folikulitis timbul di daerah berambut, folikulitis superficial biasanya di daerah tungkai bawah dengan jumlah lebih dari satu. Sedangkan folikulitis profunda biasanya timbul di bibir atau dan dagu.

Furunkel/karbunkel yaitu peradangan yang terjadi pada umbi akar rambut dan daerah sekitarnya. Jika lebih dari sebuah disebut furunkulosir. Karbunkel ialah kumpulan furunkel. Lokasi timbulnya biasanya di daerah-daerah yang sering terjadi gesekan misalnya ketiak dan bokong.

Abses multipel kelenjar keringat merupakan bisul yang tidak bermata dan jumlah banyak. Biasanya terletak di bagian yang banyak keringat dan umumnya menyerang anak-anak.

Hindra adinistis adalah jenis bisul yang mengenai kelenjar apokrin yaitu bila bisul itu muncul di ketiak atau di daerah genital karena itu terdapat pada usia sesudah akil balik sampai dewasa muda. Sering timbul karena banyak keringat, pemakaian deodoran atau rambut ketiak digunting.

Skrofuloderma bentuknya memang seperti bisul tetapi sebenarnya adalah peradangan kelenjar getah bening akibat penyakit TBC.

Gejala dan Pemicu

Beberapa gejala dari folikulitis adalah adanya keluhan rasa gatal dan rasa terbakar pada daerah rambut, berupa peninggian kulit yang berbatas jelas disertai keradangan. Letaknya superficial atau lebih dalam dari kulit, cairannya terdiri dari nanah.

Pada furunkel/karbunkel, timbul dengan keluhan nyeri. Kelainan berupa peninggian kulit yang terbatas, kemerahan, bentuk kerucut karena adanya masa padat yang disebabkan infiltrasi sel-sel radang pada jaringan bawah kulit. Kemudian pada tempat rambut keluar tampak bintik-bintik putih sebagai mata bisul, kemudian benjolan tadi akan melunak dan memecah.

Pada abses multipel kelenjar keringat, gejalanya berupa peninggian kulit terbatas, kemerahan, jumlah lebih dari satu, tidak nyeri, berbentuk kubah dan lama memecah. Hidraadenitis disertai gejala demam, ruam berupa peninggian kulit terbatas yang meradang, kemudian melunak menjadi abses dan memecah. Sedangkan pada skrofuloderma, bentuknya mirip seperti hidraadenitis tetapi pada permulaannya tidak disertai demam dan tidak ada tanda-tanda radang.

Faktor munculnya bisul adalah mulanya akan timbul bintil merah. Bila membesar, maka terjadi proses radang atau infeksi, yang terkadang bernanah atau abses. Proses memerahnya bisul didukung juga oleh daya tahan tubuh. Artinya, semakin baik daya pertahanan tubuh seseorang maka bisulnya tidak akan membesar dan matang (bernanah).

Faktor pemicu bisul di antaranya (1) faktor kebersihan, bisul akan mudah terjadi pada orang yang kurang menjaga kebersihannya dan pada daerah-daerah yang padat serta tempat pengungsian, (2) orang yang hidup di darah tropis dengan udara yang panas akan mudah berkeringat dan akan lebih mendukung untuk munculnya bisul, dan (3) menurunnya daya tahan tubuh, daya tahan tubuh dapat menurun karena kurang gizi dan gangguan darah seperti anemia, keganasan, serta diabetes.

Upaya Penanganannya

Upaya penanganan bisul adalah (1) faktor pencetus harus dihilangkan, (2) menjaga kebersihan umum terutama kulit, (3) bila luas diberikan obat antibiotik golongan penicillin atau diberikan antibiotik eritromisin bila alergi terhadap penicillin, (4) diberikan salep yang mengandung basitrasin dan neomisin, asam fusidat atau yang mengandung mupirosin. Bila bisul pecah dan luka menjadi basah dilakukan kompres terbuka dengan larutan rivanol 0,1% atau povidone iofine 5%-10%.

Lalu, (5) bila bisul matang, lakukan insisi dan aspirasi, selanjutnya dikompres atau diberi salep antibiotik, serta (6) bila bisul sering kambuh perlu dilakukan pemeriksaan kadar gula darah.

Berikut tips dalam mengatasi atau mencegah:
* Perhatikan kebersihan badan maupun lingkungan.
* Bila muncul gatal-gatal, jangan dianggap remeh, bisa jadi hal itu merupakan gejala awal dari bisul.
* Bila sudah muncul benjolan bernanah, jangan dipencet, apalagi dengan tangan atau benda yang kotor karena akan memperparah bisul.
* Jangan gunakan obat dengan sembarangan meskipun dalam bentuk krim, karena justru akan menimbulkan resistensi obat dalam tubuh.
* Jaga daya tahan tubuh dengan maka makanan bergizi dan istirahat cukup. (*)

Komentar

  1. terimakasih dokter, sangat bermanfaat sekali. :)

    BalasHapus
  2. info tentang urat kejepit dong..

    BalasHapus
  3. Wah saya sedang mengalami hidra adinistis sepertinya. Benar-benar ngilu karena mau pecah. Dok, saya sudah ke dokter spesialis penyakit dalam dan memang katanya ini abses. Lalu say diberi antibiotik yg diminum dan salep, jg penghilang rasa sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh tau nama jenis obatnya jika abses ada nanahnhya

      Hapus
  4. saya udah pecah dok, cuman rasanya perih banget
    cuman udah dikasih antibiotik sii

    BalasHapus
  5. informasi tentang penyakit dan obat sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  6. Saya msh nyeri ni dok obatx apa y blm bntuk bisul tp kayakx mw jd bisul ni nyeri skali

    BalasHapus
  7. Dok bisul saya udah pecah tapi kok masih bengkak dan keras ya ? Saya udah berobat dan dikasih antibiotik dan obat nyeri tapi masih saja sakit saya jg udah kompres pakai air hangat dan rivanol dan blm sembuh jg itu kenpa ya dok? Makasih dok ��

    BalasHapus
  8. Dok..suami saya bisulan di daun telinga bagian dalam tapi belum keluar mata..karena tdk sabaran sama suami bisulny di pencet tapi tdk sampe selesai alhasil bengkak lagi..obat yg dia minum nichomycin 500mg 3x1, ometilson 3x1 salepnya cuma pke salep hitam..udh hampir 2mgu bisulnya belum jg pecah..ada solusi yg lebih baik gk dok..?!

    BalasHapus
  9. Dok..suami saya bisulan di daun telinga bagian dalam tapi belum keluar mata..karena tdk sabaran sama suami bisulny di pencet tapi tdk sampe selesai alhasil bengkak lagi..obat yg dia minum nichomycin 500mg 3x1, ometilson 3x1 salepnya cuma pke salep hitam..udh hampir 2mgu bisulnya belum jg pecah..ada solusi yg lebih baik gk dok..?!

    BalasHapus
  10. selamat mlam dok.
    betis saya bisul. n udah d'kasih obat antibiotik, tpi masih blum sembuh. mlah mkin sakit n nyeri bgt.

    BalasHapus
  11. kalo cara ngatasin bisul yang kena infeksi gimana dok?

    BalasHapus
  12. Dok anak saya umur 1th 3bln dan sedang mengalami bisul tanpa mata dok. Sudah berobat di bidan di beri obat bisul icitol salep dan anti biotik tp jg blm sembuh. Lalu berobat lagi ke dokter sm di beri krim racikan dr dokter dan anti biotik tp jg blm sembuh2. Harus gmn dok biar cepat sembuh. Dan sy mau tanya dok bisul itu bagusnya pecah atau tidak dok. Sedangkan bisul anak saya tidak ada matanya. Terima kasih dok sebelumya.

    BalasHapus

Posting Komentar